Rabu, 16 Oktober 2019

Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 Paud Anak Usia 5-6 Tahun

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan pendidikan yg sangat fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya mau sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yg diberikan sejak usia dini. Di lembaga PAUD, pendidik mempunyai peran yg sangat penting untuk membantu anak tumbuh bersama berkembang secara optimal. Untuk membantu meningkatkan kemampuan pendidik dalam melakukan stimulasi diperlukan panduan yg operasional.
Panduan untuk Pendidik Anak Usia 5-6 tahun ini disusun untuk memberikan acuan yg rinci tentang bagaimana program-program pembelajaran PAUD dikembangkan bersama dilaksanakan sesuai dengan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini yg agak ditetapkan dalam Permendikbud no. 146 tahun 2020.
Anak usia dini merupakan individu yg memiliki karakteristik yg berbeda satu dengan lainnya. Pada saat ini sedang mengalami perkembangan otak yg sangat pesat bersama dikatakan dengan masa emas (golden ages) sampai 80 %. Masa ini tidak mau terulang lagi.
Oleh karena itu, pemberian rangsangan pendidikan kepada usia dini yg tepat sangat diperlukan untuk memastikan bahwa setiap anak mencapai perkembangan yg optimal sehingga mereka mempunyai landasan yg kuat untuk menempuh pendidikan selanjutnya.
Pendidik PAUD sebagai ujung tombak yg bertanggungjawab dalam pembelajaran diharapkan mampu merancang, melaksanakan bersama mengevaluasi kegiatan yg melibatkan seluruh aspek perkembangan sehingga tercapai kompetensi sikap, pengetahuan, bersama keterampilan secara optimal.
Buku panduan ini disusun untuk membantu pendidik melaksanakan tugas-tugas yg berkaitan dengan pembelajaran.
Baca juga buku berikutnya.
Sebagai panduan edisi pertama, Kemdikbud sangat terbuka untuk mendapat masukan yg mau berguna untuk perbaikan bersama penyempurnaan edisi berikutnya.
Mudah-mudahan panduan ini bisa membantu pendidik dalam menjalankan tugas mereka untuk membantu anak-anak usia dini memiliki kesiapan belajar dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar