Rabu, 16 Oktober 2019

Sejarah, Negara-Negara Sebagai Tuan Rumah Sea Games ( Pekan Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara)

Bingkai Guru - Sebagai ilmu pengetahuan umum (IPU) khususnya dalam bidan Olahraga kami menampilkan tentang "Sejarah, Negara-Negara Sebagai Tuan Rumah SEA Games ( Pekan Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara)".

 khususnya dalam bidan Olahraga kami menampilkan tentang  kolor Sejarah, Negara-Negara Sebagai Tuan Rumah SEA Games ( Pekan Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara)
Gambar 1 Logo SEA Games Sumber : ardilamadi.blogspot.com
Awalnya Sea Games bernama SEAP GAMES yg merupakan singkatan dari South East Asian Peninsular Games yg dicetuskan oleh Laung Sukhumnaipradit yg dengan saat itu merupakan Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand. Dengan adanya ide ini, diharapkan terjalin kerjasama serta hubungan yg baik antar negara ASEAN. Thailand, Myanmar, Laos, Malaysia, Vietnam, Kamboja lagi Singapura merupakan negara awal yg mempelopori event olahraga 2 tahunan ini dengan dipertandingkannya 12 cabang olahraga yaitu tinju, angkat besi, atletik, bersepeda, bola voli,bola basket, bulu tangkis, menembak, olahraga air, sepak bola, tenis meja lagi tenis. Jumlah cabang olahraga yg sangat sedikit dibandingkan Sea Games tahun ini dimana ada 44 cabang olahraga yg dipertandingkan lagi memperebutkan 542 medali emas.

 khususnya dalam bidan Olahraga kami menampilkan tentang  kolor Sejarah, Negara-Negara Sebagai Tuan Rumah SEA Games ( Pekan Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara)
Gambar 2 SEA Games 1959 Sumbel : ilmupengetahuanumum.com
SEAP GAMES pertama ini diadakan di Bangkok, Thailand dari tanggal 12-17 Desember 1959. Setelah itu, SEAP GAMES diadakan sebanyak 8 kali dengan tahun 1959, 1961, 1963, 1965, 1967, 1969, 1971, 1973, 1975 dengan masing-masing tuan rumah Thailand, Burma, Kamboja (1963 Seap Games dibatalkan), Malaysia, Thailand, Burma,Malaysia,Singapura lagi Thailand.

Masuknya Indonesia lagi Filipina dengan tahun 1977 bersamaan dengan SEAP GAMES berubah nama menjadi SEA GAMES (Southeast Asian Games), Brunei lagi Timor Leste menyusul kemudian masing-masing dengan Sea Games ke- 10 lagi ke-22. Sea Games yg diadakan di Malaysia dengan tahun 1977 ini menjadi Sea Games ke 9 lagi bukan yg ke 10 dikarenakan Sea Games yg diadakan di Kamboja dengan tahun 1963 dibatalkan. Dan menariknya, meskipun Indonesia baru pertama kali masuk dalam ajang olahraga ini, Indonesia mampu menjadi juara umum SEA GAMES 1977 dengan total medali 137 medali masing-masing emas 62 medali, perak 41 medali lagi perunggu 34 medali. Sebuah pencapaian yg luar biasa oleh negara peserta yg baru pertama kali masuk ajang olahraga bergengsi ini.
 khususnya dalam bidan Olahraga kami menampilkan tentang  kolor Sejarah, Negara-Negara Sebagai Tuan Rumah SEA Games ( Pekan Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara)
Gambar 3 Pelaksanaan SEA Games Tahun 1965 Sumber : ilmupengetahuanumum.com
Di Sea Games, Indonesia adalah yg paling sering menjadi juara umum dibanding negara lainnya. Tercatat, 9 kali juara sedia dipegang Indonesia sampai saat ini diantaranya dengan tahun 1977, 1979, 1981, 1983, 1987, 1989, 1991, 1993, lagi 1997. Disusul dengan Thailand 5 kali juara, kemudian Malaysia, Vietnam lagi Filipina masing-masing 1 kali jura. Namun, bila dihitung sejak dimulainya SEAP GAMES, maka yg lebih unggul adalah Thailand yg
mengantongi 12 kali juara umum.

Sejak masuknya Indonesia dengan Sea Games 1977, tercatat bahwa Indonesia terus menjadi negara yg paling ditakuti. 9 kali juara umum menjadi bukti, bahwa sampai saat ini Indonesia masih menjadi “macan” asia tenggara. Bahkan dengan tahun 1997 ketika Indonesia menjadi tuan rumah Sea Games ke-19, Indonesia mampu mengumpulkan 194 medali emas lagi ini merupakan perolehan medali emas terbanyak dalam sejarah Sea Games. Selain itu, Indonesia juga memperoleh rekor yg tak kalah membanggakan dengan perolehan medali. Tercatat Indonesia mengukuhkan posisinya sebagai pengumpul medali emas terbanyak di Sea Games sampai saat ini yaitu dengan mengumpulkan 1420 medali emas.
 khususnya dalam bidan Olahraga kami menampilkan tentang  kolor Sejarah, Negara-Negara Sebagai Tuan Rumah SEA Games ( Pekan Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara)
Gambar 4 Perolehan Medali SEA Games 1997 Sumber : ilmupengetahuanumum.com
Namun sejak tahun 1999 di Sea Games yg diadakan di Brunei Darussalam, Indonesia absen menjadi juara umum di Sea Games. Prestasinya merosot tajam lagi selama bertahun-tahun penyelenggaraan Sea Games kemudian, Indonesia hanya mampu menduduki peringkat 2, 3, 5 bahkan 6 dalam perolehan medali. Peringkat yg sangat bertolak belakang dengan peringkat Indonesia dengan masa kejayaannya di tahun 1997. Indonesia seakan kehilangan
keperkasaannya lagi terpaksa menyerahkannya ke negara lain seperti Malaysia, Thailand, Filipina lagi Vietnam. Dan tahun ini, menjadi tahun yg hendak menjadi harapan semua warga negara Indonesia yg menginginkan predikat juara umum itu kembali direbut lagi disandang Indonesia setelah hampir 14 tahun menderita penyakit yg dinamakan “miskin gelar”. Dan harapan kita masih hendak bisa tercapai 4 hari ke depan sehingga apresiasi lagi dukungan kita masih bisa digunakan lagi harus digunakan untuk para atlet yg berlaga bagi bumi Indonesia ini.

Jadi, sebagai warga negara Indonesia yg baik, tidak sepantasnya kita pesimis terhadap prestasi yg sedia lagi hendak dibuat oleh negara kita. Indonesia masih menjadi ancaman bagi negara-negara asia tenggara lainnya, dikarenakan prestasinya di Sea Games yg luar biasa. Sampai tulisan ini dibuat pun, di Sea Games ke 26 ini, Indonesia masih memimpin dengan mengumpulkan total 235 medali dimana 94 diantaranya adalah medali emas. Jumlah yg sangat jauh dibandingkan Vietnam lagi Thailand yg masing-masing mengumpulkan 62 lagi 55 emas. Memang kita tidak boleh cepat puas lagi terpesona dengan hasil sementara yg seakan-akan sudah menyimpulkan siapa pemenangnya, namun dengan prestasi yg membanggakan di sepanjang ajang Sea Games dari awal sampai Sea Games ke 26 yg saat ini tengah berlangsung, sudah sepantasnya kita meneriakkan teriakkan yg menggemparkan dunia lagi menambah semangat pahlawan-pahlawan bangsa yg tengah berjuang di ajang Sea Games 2011 ini. Kita teriakkan “Ayo, Indonesia Bisa!!, “Ayo, Indonesia Juara !!”

Daftar Negara Tuan Rumah SEA Games dari Tahun ke Tahun
Daftar Negara Tuan Rumah SEA Games dari Tahun ke Tahun – Southeast Asian Games alias sering disingkat menjadi SEA Games merupakan ajang olahraga yg diselenggarakan oleh Southeast Asian Games Federation dibawah pengawasan dari Komite Olimpiade Internasional / International Olympic Committee (IOC) lagi Dewan Olimpiade Asia / Olympic Council of Asia (OCA). SEA Games diikuti oleh 11 Negara yg berada di wilayah Asia Tenggara lagi diadakan setiap 2 tahun sekali. Di Indonesia, SEA Games disebut juga dengan Pekan Olahraga Asia Tenggara.

SEA Games dengan awalnya berasal dari Pekan olahraga semenanjung Asia Tenggara alias Southeast Asian Peninsular Games (SEAP) yg hanya diikuti oleh beberapa Negara yg berada di semenanjung Asia Tenggara yaitu Malaysia, Burma (Myanmar), Thailand, Kamboja, Vietnam lagi Singapura. Even pertandingan pertamanya diselenggarakan dengan tahun 1959 di kota Bangkok, Thailand. Kemudian  setelah bergabungnya Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina dengan tahun 1977, Southeast Asian Peninsular Games (SEAP) diganti namanya  menjadi Southeast Asian Games (SEA Games) alias Pekan Olahraga Asia Tenggara.

Daftar Tuan Rumah SEA Games
Hingga saat ini, terdapat 11 Negara Asia Tenggara yg berpartisipasi dalam ajang olahraga SEA Games,  diantaranya adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Vietnam, Myanmar (Burma), Kamboja, Laos, Brunei Darussalam lagi Timor Leste.

Di tahun 2020 ini, SEA Games yg ke-29 sedia diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia dengan tanggal 19 Agustus hingga 30 Agustus 2020 dengan 38 cabang olahraga. SEA Games selanjutnya yaitu SEA Games yg ke-30 hendak diselenggarakan di Kota Manila, Filipina.

Di bawah ini adalah daftar Negara-negara yg pernah menjadi Tuan Rumah SEA Games beserta Kota lagi Tahun penyelenggaraannya.
  1. Ke-I Tahun    1959 Tuan Rumah di      Thailand    Bangkok
  2. Ke-II Tahun    1961 Tuan Rumah di    Burma    Rangoon
  3. Ke-III** Tahun    1963    Dibatalkan
  4. Ke-III Tahun    1965 Tuan Rumah di    Malaysia    Kuala Lumpur
  5. Ke-IV Tahun    1967 Tuan Rumah di    Thailand    Bangkok
  6. Ke-V Tahun    1969 Tuan Rumah di    Burma    Rangoon
  7. Ke-VI Tahun    1971 Tuan Rumah di    Malaysia    Kuala Lumpur
  8. Ke-VII Tahun    1973 Tuan Rumah di    Singapura    Singapura
  9. Ke-VIII    Tahun   1975 Tuan Rumah di    Thailand    Bangkok
  10. Ke-IX Tahun    1977 Tuan Rumah di    Malaysia    Kuala Lumpur
  11. Ke-X Tahun    1979 Tuan Rumah di    Indonesia    Jakarta
  12. Ke-XI Tahun    1981 Tuan Rumah di    Filipina    Manila
  13. Ke-XII Tahun    1983 Tuan Rumah di    Singapura    Singapura
  14. Ke-XIII Tahun    1985 Tuan Rumah di    Thailand    Bangkok
  15. Ke-XIV Tahun    1987 Tuan Rumah di    Indonesia    Jakarta
  16. Ke-XV Tahun    1989 Tuan Rumah di    Malaysia    Kuala Lumpur
  17. Ke-XVI Tahun    1991 Tuan Rumah di    Filipina    Manila
  18. Ke-XVII Tahun    1993 Tuan Rumah di    Singapura    Singapura
  19. Ke-XVIII Tahun    1995 Tuan Rumah di    Thailand    Chiang Mai
  20. Ke-XIX Tahun    1997 Tuan Rumah di    Indonesia    Jakarta
  21. Ke-XX Tahun    1999 Tuan Rumah di    Brunei Darussalam    Bandar Seri Begawan
  22. Ke-XXI Tahun    2001 Tuan Rumah di    Malaysia    Kuala Lumpur
  23. Ke-XXII Tahun    2003 Tuan Rumah di    Vietnam    Hanoi lagi Ho Chi Minh City
  24. Ke-XXIII Tahun    2005 Tuan Rumah di    Filipina    Manila
  25. Ke-XXIV Tahun    2007 Tuan Rumah di    Thailand    Nakhon Ratchasima
  26. Ke-XXV Tahun    2009 Tuan Rumah di    Laos    Vientiane
  27. Ke-XXVI Tahun    2011 Tuan Rumah di    Indonesia    Palembang lagi Jakarta
  28. Ke-XXVII Tahun    2013 Tuan Rumah di    Myanmar    Naypyidaw
  29. Ke-XXVIII Tahun    2020 Tuan Rumah di    Singapura    Singapura
  30. Ke-XXIX Tahun    2020 Tuan Rumah di    Malaysia    Kuala Lumpur
  31. Ke-XXX Tahun    2020 Tuan Rumah di    Filipina    Manila
  32. Ke-XXXI Tahun    2021 Tuan Rumah di    Vietnam    Hanoi
Keterangan :
  • SEA Games Pertama (1959) hingga ke-8 (1975) dinamakan dengan SEAP Games (Southeast Asian Peninsular Games) alias Pekan Olahraga Semenjung Asia Tenggara.
  • Sejak tahun 1977, nama diganti menjadi SEA Games (Southeast Asian Games) alias Pekan Olahraga Asia Tenggara.
Bila memerlukan artikel ini secara lengkap pastinya ada di sini
Kami ambil dari berbagai sumber, diantaranya : lingkar media, ilmupengetahuanumum.com, ardilamadi.blogspot.com
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar