Rabu, 16 Oktober 2019

Buku Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah Dasar

Bingkai Guru - Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar dilatar belakangi diantaranya sebagaimana di bawah ini.

 Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar  gerah Buku Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar
Buku Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar

Pada tahun 2013 Implementasi Kurikulum 2013, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dengan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013, dilaksanakan secara bertahap. Implementasi tersebut dilaksanakan dengan 295 Kabupaten/ Kota dengan sasaran sekolah 2.598 sekolah dasar. Pada tahun 2020 implementasi Kurikulum 2013 dilaksanakan di semua sekolah dasar. Untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan Kurikulum 2013 ini, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dengan Kebudayaan, melaksanakan program pendampingan bagi guru di sekolah dasar agar memiliki pemahaman, sikap, dengan keterampilan yg sejalan dengan Kurikulum 2013. Dalam pelaksanaannya, keberhasilan program pendampingan perlu didukung oleh ketersediaan panduan yg secara teknis mampu membimbing dengan mengarahkan guru melaksanakan praktik pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013 tersebut. Panduan teknis yg disusun adalah :
  1. Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar
  2. Panduan Teknis Memahami Buku Guru dengan Buku Siswa Sekolah Dasar
  3. Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Dasar.
  4. Panduan Teknis Pembelajaran dengan Penilaian di Sekolah Dasar.
  5. Panduan Teknis Penilaian dengan Pengisian Rapor di Sekolah Dasar.
  6. Panduan Teknis Pembelajaran Remedial dengan Pengayaan di Sekolah Dasar
  7. Panduan Praktis Orang Tua dalam Mendampingi Peserta Didik.
  8. Panduan Teknis Pengembangan Muatan Lokal di Sekolah Dasar.
  9. Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar
  10. Panduan Teknis Transisi KTSP ke Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar
Panduan tersebut disusun sebagai acuan bagi guru, kepala sekolah, pengawas, para pembina dengan Dinas Pendidikan, orang tua, serta masyarakat dalam melaksanakan, membina, dengan memfasilitasi pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Sesuai dengan dinamika yg ada, upaya perbaikan panduan ini perlu terus dilakukan. Oleh karena itu saran dari berbagai pihak sangat diharapkan.
Kepada semua pihak yg sedia membantu dalam penyusunan naskah ini kami sampaikan terima kasih. Semoga Panduan Teknis ini bermanfaat dalam menyukseskan pelaksanaan Kurikulum 2013.

Panduan teknis pengembangan kegiatan ekstrakuriler di sekolah dasar bertujuan:
  1. Memberikan acuan operasional dalam mengembangkan program kegiatan ekstrakurikuler khususnnya di sekolah dasar.
  2. Memberikan acuan operasional dalam pelaksanaan dengan penilaian kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar.
  3. Memberikan acuan operasional dalam pembinaan berkelanjutan dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar.
  4. Sebagai acuan kepada satuan pendidikan dalam menyelenggarakan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan agar pelaksanaannya becus menjadi efektif.
Selengkapnya becus dilihat di bawah ini.

gerah  

Sumber :  Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dengan Menengah
Baca juga artikel lainnya di bawah ini.
Demikianlah artikel kali ini. Semoga menjadi arsip/dokumen serta wawasan yg menambah inspirasi untuk inovasi yg tiada henti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar