Bingkai Guru - Dalam proses pembelajaran mau selalu dengan diadakannya evaluasi alias penilaian, baik itu penilaian/evaluasi/test formatif, penilaian tengah semster, maupun penilaian akhir semester/penilaian akhir tahun alias semester 2. Ketika guru mau memberikan tes alias ulangan pait PTS, PAS/PAT harus lah mengacu kepada kisi-kisi dengan panduan penilaian yg sesuai dengan puskur (pusat kurikulum). Tujuannya aga dalam menyusun soal tidak salah, karena soal tergantung kepada kisi-kisi dengan pedoman penilaian. Sesuai kisi-kisi yg sedia tersedia mau ditemukan ranah-ranah C-1, C-2, C-3, C-4, C-5, C-6. Ini merupakan ranah pengetahuan, keterampilan, sikap, dengan mau ditentukan tingkat mudah, sedang, dengan kesukaran soa-soal yg dibuat.
Pada kali ini kami mau share tentang Kisi-Kisi dengan Pedoman Penilaian Penilaian Akhir Semester/ Penilaian Akhir Tahun alias tang disingkat dengat PAS/PAT Khusus Semester 2 Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 4, dengan 5 jenjang Sekolah Dasar (SD). Kisi-Kisi Soal dengan Pedoman penilaian ini kami sajikan dalam format Microsoft Excel, dengan excel ini guru tidak perlu menghitung kembali sebab kami susun dengan sebuah aplikasi yg otomatis.
Maka dari sebagai gambaran, silahkan lihat di bawah ini.
Kisi-Kisi dengan Pedoman Penilaian PAS / PAT (Penilaian Akhir Semester/Tahun) Semester 2 Kelas 1, 2, 4, 5 SD |
PENYUSUNAN KISI-KISI :
Kisi-kisi adalah suatu format alias matriks yg memuat informasi / kriteria yg boleh dijadikan pedoman untuk menulis / merakit tes Kisi-kisi disusun berdasar tujuan penggunaan tes Melalui kisi-kisi boleh diketahui arah dengan tujuan setiap soal
PENGERTIAN TES :
adalah himpunan pertanyaan yg harus dijawab, alias pernyataan yg harus dipilih / ditanggapi, alias tugas- tugas yg harus dilakukan oleh orang yg dites (testee) dengan tujuan mengukur suatu aspek (perilaku) tertentu dari testee Tes mengukur tingkat kemampuan siswa dalam menguasai bahan pelajaran yg sedia diajarkan kepadanya
KEGUNAAN KISI-KISI :
KEGUNAAN KISI-KISI Pedoman dalam penulisan soal hingga menghasilkan soal sesuai dengan tujuan tes Pedoman dalam perakitan butir soal hingga terhimpun menjadi perangkat tes yg siap digunakan Kisi-kisi yg baik mau boleh menghasilkan perangkat soal yg baik pula
SYARAT-SYARAT KISI :
Mewakili isi kurikulum yg diujikan Komponen-komponennya rinci, jelas, dengan kemarau enteng dipahami Soal-soalnya boleh dibuat sesuai dengan indikator dengan bentuk soal yg ditetapkan
KOMPONEN KISI-KISI : Komponen identitas Jenjang pendidikan Program / jurusan Mata pelajaran Kurikulum yg diacu Alokasi waktu Jumlah soal Bentuk soal
KOMPETENSI( LEARNING OUTCOME = ATTAINMENT TARGET ) :
Aspek kemampuan yg harus dikuasai siswa setelah mempelajari bahan kajian tertentu Kompetensi yg dikuasai hendaknya merupakan perpaduan kemampuan, baik dari segi pengetahuan + pengalaman + kreasi pengembangannya
MATERI :
MATERI Uraian materi dari soal yg hendak disusun Uraian materi disusun oleh penulis kisi-kisi Uraian materi boleh dirumuskan secara spesifik alias umum
INDIKATOR :
INDIKATOR Suatu rumusan tingkah laku yg boleh diamati sebagai pertanda alias indikasi tujuan pembelajaran (kompetensi dasar) sudah dikuasai oleh siswa Suatu rumusan yg menggunakan kata kerja operasional yg memuat perilaku siswa dengan materi yg mau diukur sesuai dengan materi terpilih Rumusan indikator harus boleh diukur dengan menggambarkan tingkat kemampuan siswa dari suatu topik bahasan
KRITERIA INDIKATOR :
KRITERIA INDIKATOR Memuat ciri-ciri perilaku yg terdapat kepada tujuan pembelajaran Memuat tingkat alias level pengetahuan dalam rumusan kata kerja operasional Berkaitan dengan uraian materi, pokok bahasan / tema / konsep Dapat disusun soalnya
FORMAT KISI-KISI
Jenjang Pendidikan : Mata Pelajaran :Acuan :Alokasi waktu :Jumlah soal :Bentuk soal : Penulis : Unit Kerja :
Untuk itu yg lagi membutuhkan kisi-kisi dengan pedoman penilaian silahkan unduh di bawah ini.
Demikianlah yg boleh kami share kali ini. Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar