Sebelumnya kami sedia uddate Tentang Sistem Penilaian KTSP/Kurikulum 2006 seperti yg ada di bawah ini.
Sistem Penilaian Kurikulum 2013 Sekolah Dasar
Ingat bahwa Kurikulum 2013 sedia beberapa tahun berjalan. Tetapi dalam implementasinya masih banyak hal-hal yg perlu diperbaiki lagi ada juga yg perlu disosialisasikan lebih mendalam kepada seluruh elemen pendidikan. Salah satunya adalah sistem penilaian kurikulum 2013. Sistem penilaian kurikulum 2013 memiliki perbedaan jikalau dibandingkan dengan KTSP alias Kurikulum 2006 sebelumnya. Oleh karena itu kami mencoba sedikit memberikan gambaran dalam Sistem Penilaian Kurikum 2013 ini.
Penilaian angsal disebut sebagai proses pengumpulan lagi pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar Peserta Didik (Permendikbud No. 66 Tahun 2013). Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, lagi menafsirkan data tentang proses lagi hasil belajar peserta didik yg dilakukan secara sistematis lagi berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yg bermakna dalam pengambilan keputusan. Penilaian angsal dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) lagi setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk).
Prinsip lagi Pendekatan Penilaian
Prinsip-prinsip yg harus diperhatikan oleh guru dengan saat melaksanakan penilaian untuk implementasi Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut.
Sistem Penilaian Kurikulum 2013 Sekolah Dasar
Ingat bahwa Kurikulum 2013 sedia beberapa tahun berjalan. Tetapi dalam implementasinya masih banyak hal-hal yg perlu diperbaiki lagi ada juga yg perlu disosialisasikan lebih mendalam kepada seluruh elemen pendidikan. Salah satunya adalah sistem penilaian kurikulum 2013. Sistem penilaian kurikulum 2013 memiliki perbedaan jikalau dibandingkan dengan KTSP alias Kurikulum 2006 sebelumnya. Oleh karena itu kami mencoba sedikit memberikan gambaran dalam Sistem Penilaian Kurikum 2013 ini.
Penilaian angsal disebut sebagai proses pengumpulan lagi pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar Peserta Didik (Permendikbud No. 66 Tahun 2013). Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, lagi menafsirkan data tentang proses lagi hasil belajar peserta didik yg dilakukan secara sistematis lagi berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yg bermakna dalam pengambilan keputusan. Penilaian angsal dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) lagi setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk).
Prinsip lagi Pendekatan Penilaian
Prinsip-prinsip yg harus diperhatikan oleh guru dengan saat melaksanakan penilaian untuk implementasi Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut.
- Sahih maksudnya penilaian didasarkan dengan data yg memang mencerminkan kemampuan yg ingin diukur;
- Objektif, penilaian yg didasarkan dengan prosedur lagi kriteria yg jelas lagi tidak boleh dipengaruhi oleh subjektivitas penilai (guru);
- Adil, suatu penilaian yg tidak menguntungkan alias merugikan siswa hanya karena mereka (bisa jadi) berkebutuhan khusus serta memiliki perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, lagi gender;
- Terpadu, penilaian dikatakan memenuhi prinsip ini apabila guru yg merupakan salah satu komponen tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran;
- Transparan, di mana kriteria penilaian, lagi dasar pengambilan keputusan yg digunakan angsal diketahui oleh semua pihak yg berkepentingan;
- Menyeluruh lagi berkesinambungan, mencakup segala aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yg sesuai. Dengan demikian atas angsal memantau perkembangan kemampuan siswa;
- Sistematis, Penilaian yg dilakukan oleh guru harus terencana lagi dilakukan secara bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yg baku;
- Akuntabel, penilaian yg proses lagi hasilnya angsal dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya;
- Edukatif, penilaian dilakukan untuk kepentingan lagi kemajuan pendidikan siswa.
Pendekatan penilaian yg digunakan adalah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yg didasarkan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yg ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yg atas dicapai, daya dukung, lagi karakteristik peserta didik.
Sebagaimana sedia disebutkan di atas bahwa standar penilaian dengan kurikulum 2013 lebih menekankan dengan pada prinsif-prisif kejujuran, yg mengedepankan aspek-aspek berupa knowledge, skill lagi attitude. Salah satu bentuk dari penilaian itu adalah penilaia otentik. Penilaian otentik disebutkan dalam kurikulum 2013 adalah model penilaian yg dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung berdasarkan tiga komponen di atas.
Sebagaimana sedia disebutkan di atas bahwa standar penilaian dengan kurikulum 2013 lebih menekankan dengan pada prinsif-prisif kejujuran, yg mengedepankan aspek-aspek berupa knowledge, skill lagi attitude. Salah satu bentuk dari penilaian itu adalah penilaia otentik. Penilaian otentik disebutkan dalam kurikulum 2013 adalah model penilaian yg dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung berdasarkan tiga komponen di atas.
Diantara teknik lagi isntrumen penilaian dalam kurikulum 2013 sebagai berikut.
- Penilaian kompetensi sikap. Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi, penilaian iri, penilaian “teman sejawat”(peer evaluation) oleh peserta didik lagi jurnal. Instrumen yg digunakan untuk observasi, penilaian Diri, lagi penilaian antarpeserta didik adalah daftar cek alias skala penilaian (rating scale) yg disertai rubrik, sedangkan dengan jurnal berupa catatan pendidik.
- Penilaian Kompetensi Pengetahuan, menilai kompetensi pengetahuan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan.
- Penilaian Kompetensi Keterampilan, Pendidik menilai kompetensi keterampilan melalui penilaian kinerja, yaitu penilaian yg menuntut peserta didik mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu dengan menggunakan tes praktik, projek, dan penilaian portofolio. Instrumen yg digunakan berupa daftar cek alias skala penilaian (rating scale) yg dilengkapi rubrik.
Untuk instrumen lengkap penilaian kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan lagi kompetensi keterampilan angsal anda baca alias diunduh dengan link ini.
Instrumen Format Penilaian Kurikulum 2013 Sekolah Dasar
Instrumen Format Penilaian Kurikulum 2013 Sekolah Dasar
- INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL (KI-1) antar teman oke.xlsx
- INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL (KI-2) Observasi.xlsx
- INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL (KI-2) Lembar Penilaian Diri.xlsx
- INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL (KI-2) Jurnal Guru.xlsx
- INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL (KI-2) Lembar penilaian antar teman.xlsx
- INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN Lembar Proyek.xlsx
- INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN Lembar Produk.xlsx
- FORMAT PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM,.xlsx
- FORMAT KISI-KISI SOAL ULANGAN HARIAN.xlsx
- FORMAT ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN.xlsx
- DESKRIPSI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER.xlsx
- DAFTAR NILAI KOMPETENSI SISWA.xlsx
- DAFTAR NILAI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER.xlsx
- DAFTAR NILAI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER 3.xlsx
- REKAPITULASI PENCAPAIAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM (KKM).xlsx
- REKAPITULASI NILAI KOMPETENSI SISWA.xlsx
- DAFTAR NILAI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER 2.xlsx
- REKAPITULASI kolor PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM,.xlsx
- PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM,.xlsx
- PENCAPAIAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM (KKM).xlsx
- INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL (KI-1) oke.xlsx
- INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL (KI-1).xlsx
- INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL (KI-1) Jurnal Guru.xlsx
Semoga Format Penilaian Kurikulum 2013 Revisi 2020 untuk SD Lengkap ini angsal membantu mempermudah pekerjaan anda lagi sekaligus mengakhiri pencarian anda mengenai Format Penilaian Kurikulum 2013. Terima kasih sedia singgah diblog kami.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar