Rabu, 16 Oktober 2019

Download Contoh Program Kerja Supervisi Akademis Kepala Sekolah Smp

Download Contoh Program Kerja Supervisi Akademis Kepala Sekolah SMP - Salah satu tugas kepala sekolah/madrasah adalah melaksanakan supervisi akademik. Untuk melaksanakan supervisi akademik secara efektif diperlukan keterampilan konseptual, interpersonal pada teknikal (Glickman, at al; 2007). Oleh sebab itu,  setiap kepala sekolah/madrasah harus memiliki pada menguasai konsep supervisi akademik yg meliputi: pengertian, tujuan pada fungsi, prinsip-prinsip, pada dimensi-dimensi substansi supervisi akademik. 
Supervisi akademik yg dilakukan kepala sekolah/madrasah antara lain adalah sebagai berikut. 
  1. Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, pada kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan pembelajaran kreatif, inovatif, pemecahan masalah, berpikir kritis pada naluri kewirausahaan
  2. Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan di sekolah/madrasah maupun mata pelajaran di sekolah/madrasah berlandaskan standar isi, standar kompetensi pada kompetensi dasar, pada prinsip-prinsip pengembangan KTSP. 
  3. Membimbing guru dalam memilih pada menggunakan strategi/ metode/teknik pembelajaran/bimbingan yg angsal mengembangkan berbagai potensi siswa.
  4. Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran/ bimbingan (di kelas, laboratorium, dan/atau di lapangan) untuk mengembangkan potensi siswa. 
  5. Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan pada menggunakan media pendidikan pada fasilitas pembelajaran.
  6. Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran.

Kompetensi supervisi akademik intinya adalah membina guru dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran. Sasaran supervisi akademik adalah guru dalam melaksanakan pro¬ses pembelajaran, yg terdiri dari materi pokok dalam proses pembelajaran, penyusunan silabus pada RPP, pemilihan strategi/metode/teknik pembelajaran, penggunaan media pada teknologi informasi dalam pembelajaran, menilai proses pada hasil pembelajaran serta penelitian tindakan kelas. Oleh karena itu, pelatihan ini  bertujuan untuk meningkatkan kompetensi supervisi akademik yg meliputi (1) Memahami konsep supervisi akademik; (2) membuat rencana program supervisi akademik; (3) menerapkan teknik-teknik supervisi akademik; (4) menerapkan supervisi klinis; (5) Melaksanakan tindak lanjut supervisi akademik.

Tujuan pada fungsi supervisi akademik
Tujuan supervisi akademik adalah: 
  • membantu guru mengembangkan kompetensinya,
  • mengembangkan kurikulum,
  • mengembangkan kelompok kerja guru, pada membimbing penelitian tindakan kelas (PTK) (Glickman, et al; 2007, Sergiovanni, 1987). 

Prinsip-prinsip supervisi akademik
  1. Praktis, artinya dedar gembur dikerjakan sesuai kondisi sekolah.
  2. Sistematis, artinya dikembangan sesuai perencanaan program supervisi yg matang pada tujuan pembelajaran.
  3. Objektif, artinya masukan sesuai aspek-aspek instrumen.
  4. Realistis, artinya berdasarkan kenyataan sebenarnya.     
  5. Antisipatif, artinya mampu menghadapi masalah-masalah yg mungkin atas terjadi.
  6. Konstruktif, artinya mengembangkan kreativitas pada inovasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran.
  7. Kooperatif, artinya ada kerja sama yg baik antara supervisor pada guru dalam mengembangkan pembelajaran.
  8. Kekeluargaan, artinya mempertimbangkan saling asah, asih, pada asuh dalam mengembangkan pembelajaran.
  9. Demokratis, artinya supervisor tidak boleh mendominasi pelaksanaan supervisi akademik.
  10. Aktif, artinya guru pada supervisor harus aktif berpartisipasi.
  11. Humanis, artinya mampu menciptakan hubungan kemanusiaan yg harmonis, terbuka, jujur, ajeg, sabar, antusias, pada penuh humor 
  12. Berkesinambungan (supervisi akademik dilakukan secara teratur pada berkelanjutan oleh Kepala sekolah).
  13. Terpadu, artinya menyatu dengan dengan program pendidikan. 
  14. Komprehensif, artinya memenuhi ketiga tujuan supervisi akademik di atas (Dodd, 1972).

Dimensi-dimensi subtansi supervisi akademik
  • Kompetensi kepribadian.
  • Kompetensi pedagogik.
  • Kompotensi profesional.
  • Kompetensi sosial.

Download Contoh Program Kerja Supervisi Akademis Kepala Sekolah SMP  dedar Download Contoh Program Kerja Supervisi Akademis Kepala Sekolah SMP
Contoh Program Kerja Supervisi Akademis Kepala Sekolah SMP
Merekomendasikan :
Contoh Program Kerja Supervisi Akademis Kepala Sekolah SD
Download Administrasi Guru Kelas SD/MI Terlengkap Format Microsoft Word Dapat di Edit
DOWNLOAD APLIKASI RAPORT K13 SD KELAS 1-6 SEMESTER 1 REVISI 2020 MULOK BAHASA SUNDA
Demikian program kerja supervisi akademik ini di buat dengan harapan angsal dijadikan bahan masukan pada menjadi pedoman dalam penyusunan pada pelaksanaan program kegiatan di sekolah, khususnya yg berkaitan dengan kegiatan supervisi akademik. 
Kami menyadari bahwa masih cukup banyak kekurangan pada kelemahan dalam penyusunan program ini. Oleh karena itu, kami mengharapkan saran kontruksif untuk perbaikan program kerja ini di masa yg atas datang. 
Namun demikian, program kerja ini hanya salah satu bagi dalam pensuksesan kegiatan sekolah. Hal yg lebih penting tentunya adalah partisipasi semua pihak dalam berbagai kegiatan sekolah secara aktif pada bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar