Selasa, 15 Oktober 2019

Download Ki Beserta Kd Kurikulum 2013 Sd/Mi Kelas Iv, V, Vi

Untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Kurikulum 2013 di kelas bawah SD/MI tingkat 1, 2, 3, tidak ada, sesuai dengan M. Nuh sebagai Menteri Pendidikan lalu Kebudayaan Republik Indonesia, tidak IPA saja melainkan mata pelajaran IPS pun juga tidak ada. Mata Pelajaran IPA lalu IPS baru mau ada di SD/MI Kelas 4, 5, 6. Hal ini dikatakan M. Nuh di Kantor Kementerian Pendidikan lalu Kebudayaan. Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jum'at. 28/12/2012.

Karena Mata Pelajaran IPA lalu IPS merupakan mata pelajaran SAINS. Sedangkan anak kelas 1, 2, 3 Sekolah dasar/Madrasah Ibtidaiyah belajarnya masih Universal. Sehingga siswa kelas 1, 2, 3 SD/MI tidak perlu dijejali dengan Mata Pelajaran SAINS. Bahkan dibeberapa negara lain Pelajaran Sains baru di berikan di kelas 5 lalu 6.

Jadi, untuk Kurikulum 2013 menitik beratkan dengan 7 hal titik pokok, yakni :
  1. Pertama adalah antisipasi kebudayaan kompetensi masa depan. 
  2. Kedua, penataan penyempurnaan alur pikir dalam pengembangan kurikulum. 
  3. Ketiga, penataan kewenangan di dalam satuan pendidikan. 
  4. Keempat, penyempurnaan materi yg harus diajarkan. 
  5. Kelima, harus mengacu dengan base practice (pelatihan dasar). 
  6. Keenam, proses belajar dengan pendekatan ilmiah dan 
  7. ketujuh, meringankan beban guru. 

Nanti guru tidak perlu membuat silabus, tetapi terfokus dengan pembelajaran.
Baca juga :
DOWNLOAD KI DAN KD KURIKULUM 2013 PPKN SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI
UNDUH KI DAN KD KURIKULUM 2013 MATEMATIKA SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI 
UNDUH KI DAN KD KURIKULUM 2013 BAHASA INDONESIA SD/MI KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6 SESUAI DENGAN PERMENDIKBUD NOMOR 24 TAHUN 2020
Inilah selengkapnya Kompetensi Inti lalu Kompetensi Dasar / KI lalu KD SD/MI Kelas 4, 5, 6. 

KI-KD KELAS: IV
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, lalu (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menghargai lalu menghayati ajaran agama yg dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, lalu percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, lalu tetangganya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, lalu budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan lalu kondisi peserta didik.

Penumbuhan lalu pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung lalu beroleh digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan lalu Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan objektif dengan cara mengamati lalu menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan lalu kegiatannya, lalu benda-benda yg dijumpainya di rumah, di sekolah lalu tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan objektif dalam bahasa yg jelas, sistematis lalu logis, dalam karya yg estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, lalu dalam tindakan yg mencerminkan perilaku anak beriman lalu berakhlak mulia


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk lalu fungsi bagian tubuh dengan hewan lalu tumbuhan
4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk lalu fungsi bagian tubuh hewan lalu tumbuhan
3.2 Membandingkan siklus timbul beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya Pelestariannya
4.2 Membuat skema siklus timbul beberapa jenis mahluk hidup yg ada di lingkungan sekitarnya, lalu slogan upaya pelestariannya
3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, lalu gaya gesekan
4.3 Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, lalu gaya gesekan
3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak dengan peristiwa di lingkungan sekitar
4.4 Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya lalu gerak
3.5 Mengidentifikasi berbagai induk (ki) energi, perubahan bentuk energi, lalu sumber energi alternatif (angin, air, matahari, bahang bumi, bahan bakar organik, lalu nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan lalu penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi
3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi lalu keterkaitannya dengan indera pendengaran
4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi
3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya lalu keterkaitannya dengan indera penglihatan
4.7 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya
3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan lalu pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya

KI-KD KELAS: V
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, lalu (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghargai lalu menghayati ajaran agama yg dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, lalu percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, lalu tetangganya serta cinta tanah air”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, lalu budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan lalu kondisi peserta didik.

Penumbuhan lalu pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung lalu beroleh digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan lalu Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan objektif lalu konseptual dengan cara mengamati, menanya lalu mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan lalu kegiatannya, lalu benda-benda yg dijumpainya di rumah, di sekolah lalu tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan objektif lalu anak sehat, lalu dalam tindakan yg mencerminkan perilaku anak beriman lalu berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan alat gerak lalu fungsinya dengan hewan lalu manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia alias hewan
3.2 Menjelaskan organ pernafasan lalu fungsinya dengan hewan lalu manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia
4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia
3.3 Menjelaskan organ pencernaan lalu fungsinya dengan hewan lalu manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia
4.3 Menyajikan karya tentang konsep organ lalu fungsi pencernaan dengan hewan alias manusia.
3.4 Menjelaskan organ peredaran darah lalu fungsinya dengan hewan lalu manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia
4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah dengan manusia
3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem lalu jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor
3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu lalu wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
4.7 Melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor dengan benda
3.8 Menganalisis siklus air lalu dampaknya dengan peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup
4.8 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber
3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal lalu campuran)
4.9 Melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran lalu komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari
KI-KD KELAS VI

 Untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  dengan Kurikulum  DOWNLOAD KI DAN KD KURIKULUM 2013 SD/MI KELAS IV, V, VI
KI DAN KD IPA KELAS VI SD/MI KURIKULUM 2013
DOWNLOAD KI DAN KD KURIKULUM 2013 SD/MI KELAS IV, V, VI
Demikianlah KI lalu KD SD Kelas 4, 5, 6 Kurikulum 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar