Selasa, 15 Oktober 2019

Download Pemetaan Kd (Kompetensi Dasar) Kurikulum 2013 Sd/Mi Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 (Ganjil), Ki-3 Beserta Ki-4

Kompetensi Dasar yaitu kemampuan/pencapaian minimal tentang pengetahuan, keterampilan, sikap yg harus ditempuh/dicapai oleh siswa sehingga dinyatakan sudah pernah mencapai kompetensi yg sudah pernah ditetapkan. Dengan demikian bahwa kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar kompetensi.

Langkah-langkah dalam penyusunan Kompetensi Dasar (KD)
  1. Urutan berdasarkan hirarki konsep disiplin ilmu dan/tingkat kesulitan materi tidak harus sesuai dengan urutan yg ada di Standar Isi (SI).
  2.  Keterkaitan antara Standar Kompetensi beserta Kompetensi Dasar dalam mata pelajaran.
  3. Pada dasarnya rumusan kompetensi dasar itu ada yg operasional maupun tidak operasional karena setiap kata kerja tindakan yg berada dengan kelompok pemahaman beserta juga pengetahuan yg tidak bisa digunakan untuk rumusan  kompetensi dasar. Sehingga langkah-langkah untuk  menyusun kompetensi daasar sebagai berikut:
Menjabarkan kompetensi yg dimaksud dengan bertanya :" Kemampuan pa saja yg harus dimiliki siswa agar beroleh mencapai standar kompetensi?" jawaban tersebut atas dicatat/ didaftar baik yg berupa pengetahuan, sikap, beserta keterampilan.

dicapai oleh siswa sehingga dinyatakan  sudah pernah mencapai kompetensi  yg  sudah pernah ditetapkan Download Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 (Ganjil), KI-3  beserta KI-4
Download Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 (Ganjil), KI-3 beserta KI-4

Langkah Rumusan Kompetensi Dasar 
Langkah-langkah Penulisan Indikator
Sebelum melakukan penyusunan indikator, maka harus diperhatikan terlebih gerah berlalu komponen-komponen berikut: 
  1. Indikator merupakan penjabaran indikator KD yg menunjukkan, tanda-tanda maupun respon yg dilakukan maupun ditampilkan peserta didik. 
  2. Rumusan indikator menggunakan rumusan operasional yg terukur maupun beroleh diobservasi
  3. Indikator digunakan sebagai bahan dasar untuk menyusun alat penilaian. 
Kata-kata Operasional yg dijabarkan Dalam Membuat Indikator
Penilaian Kognitif meliputi: 
  1. Knowledge (pengetahuan) yaitu menyebutkan, menuluskan, menyatakan, mengurutkan, mengidentifikasi, mendefiniskan, mencocokkan, memberi nama, memberi leber, beserta melukiskan. 
  2. Comprehension (pemahaman) , yaitu, menterjemahkan, mengubah, menggeneralisasikan, menguraikan, menulis kembali, merangkum, membedakan, mempertahankan, menyimpulkan, mengemukakan pendapat beserta menjelaskan.
  3. Application (penerapan) yaitu, mengoperasikan, menghasilkan, mengatasi, mengubah, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan, beserta menghitung. Analisis yaitu menguraikan, membagi-bagi, memilih beserta membedakan. 
  4. Sintesisi yaitu, merancang, merumuskan, mengorganisasikan, menerapkan, memadukan, merencanakan. 
  5. Evalusi, yaitu mengkritisi, menafsirkan, dan  memberikan evalusi.
Penilaian Afektif meliputi:
  1. Penerimaan, yaitu mempercayai, memilih, mengikuti, bertanya, beserta mengalokasikan. 
  2. Menanggapi, yaitu konfirmasi, menjawab, membaca, membantu, melaksanakan, melaporkan, beserta menampilakan
  3. Penanaman nilai yaitu menginisiasi , mengundang, melibatkan, megusulkan, beserta melakukan. 
  4. Organization yaitu memverifikasi, menyusun, menyatukan, menghubungkan beserta mempengaruhi. 
  5. Karakterisasi yaitu menggunakan nilai-nilai sebagai pandangan hidup, mempertahankan nilai-nilai yg sudah diyakini.
Penilaian Psikomotorik maupun gerak jiwa meliputi: 
  1. Observasing maupun pengamatan yaitu, proses mengamati, memperhatikan tahap-tahap suatu perbuatan, memberi perhatian sebuah artikulasi.
  2. Imitation (peniruan) yaitu melatih, mengubah, membongkar sebuah struktur, membangun kembali struktur, beserta menggunakan sebuah model. 
  3. Practicing (pembiasaan) yaitu membiasakan perilaku yg udah dibentuknya, mengontrol kebiasaan agar tetap konsisten. 
  4. Adapting (penyesuian), yaitu menyesuaikan model, mengembangkan model, beserta menerapkan model.  
Download Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6, Semester Ganjil Tahun 2020/2020

dicapai oleh siswa sehingga dinyatakan  sudah pernah mencapai kompetensi  yg  sudah pernah ditetapkan Download Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 (Ganjil), KI-3  beserta KI-4
Pemetaan KD, KI-3 beserta KI-4 Kurikulum 2013 SD/MI Tahun Pelajaran 2020/2020

Silahkan filenya ada di bawah ini. KI-3 beserta KI-4 Enilaian Pengetahuan beserta Penilaian Keterampilan.
Demikianlah terkait dengan Pemetaan KD untuk Tingkat Sataun Pendidikan Sekolah Dasar mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar